Selasa, 09 November 2010

Microsft Acces

             Microsoft Access merupakan salah satu program aplikasi database yang paling canggih dan lengkap serta sangat mudah digunakan baik untuk menyortir, mengatur data, membuat label data serta melaporkan informasi penting, misalnya menampung daftar anggota, data-data anggota dan sebagainya.
              
              Aplikasi database adalah kumpulan objek access yang bekerja terpadu untuk menyelesaikan masalah. Dengan menggunakan sebuah perogram database, pemakai dapat melaksanakan beberapa operasi dasar, antara lain :
a) Operasi table, tabel adalah sekumpulan data atau informasi spesifik tentang subjek tertentu yang disusun dalam bentuk kolom dan baris. Kolom atau yang lebih dikenal dengan istilah field berisi judul yang mewakili sekumpulan baris. Sedangkan baris atau yang lebih dikenal istilah record berisi kumpulan data yang memiliki karakteristik pengertian yang sama. Jadi satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang, maka akan berisi data Nama Anggota, Nomor Anggota, Alamat, dan lain-lain.
b) Operasi Query, Query berarti “mendefinisikan data”, yaitu memanipulasi data dan mengendalikan data tersebut melalui bahasa. Selanjutnya, bahasa yang digunakan untuk mengendalikan manipulasi data adalah bahasa query. Query umumnya digunakan untuk memanipulasi data, record dan field, yang terletak satu atau beberapa tabel dan atau query. Secara lebih spesifik query dirancang untuk merelasi record, data dan field, antara tabel-tabel atau query-query atau kombinasinya, lalu menciptakan field baru beserta record dan data baru dalam query itu sendiri, dan menyajikan bahan untuk membuat form atau report.
c) Operasi Form, form dirancang untuk menampilkan field-field yang dibutuhkan dan tabel penjelasannya dalam format tampilan yang lebih menarik. Sebuah form menitik beratkan pada informasi pada dibutuhkan. Fungsi operasinya adalah untuk memanipulasi record, dan secara lebih spesifik untuk memanipulasi data.
d) Operasi Record, Report (laporan) digunakan untuk menampilkan atau mencetak informasi yang berasal dari tabel atau query. Report merupakan hasil akhir dalam pengolahan data base yang menggunakan Mocrosoft Access. Isi report dapat dimodifikasi dalam arti memanipulasi data base, tetapi hanya menampilkan isi tabel-tabel dan atau query-query.
e) Operasi Micro, yaitu rangkaian aksi yang didefinisikan sebelumnya dimana memanipulasi objek lain dapat digunakan untuk mengotomatisasikan tugas berulang dan memodifikasi tugas berulang.
f) Operasi Module, adalah prosedure Form digunakan untuk memasukkan, menyunting dan menampilkan data yang digunakan menggunakan Access.

 Fasilitas pada Microsoft Access
Microsoft Access adalah manajer database relatioship berbasis windows dan didesain dalam lingkungan windows .
Microsoft Access mempunyai fasilitas :
a) Access Drag atau Drop dan menyunting query, report, macro, dan form.
b) Mangandung Multiple Document Interface (DMI) Windows.
c) Kemampuan untuk mencakup OLE (Objek Linking and Embedding) seperti suara, video atau gambar sebagai rekaman dalam database sebagai objek dalam form atau report.
d) Pengguna Macro yang memungkinkan otomatisasi tugas rutin tanpa pemrogram.
e) Bahasa Pemrograman, Access Basic, yang dimodelkan pada Visual Basic.
f) Kemampuan untuk membuat aplikasi database yang dapat didistribusikan.
g) Kemampuan menghubungkan dan bahkan menggabungkan format database berdiri sendiri.
h) Arsitektur yang dapat diskalakan memungkinkan Access digunakan sebagian database berdiri sendiri.
i) Validasi data yang baik, jika dibuat level tabel, otomatis diubah menjadi form dan report.
j) Kemampuan membuat dan menggunakan pustaka kode yang dapat dipakai ulang. Kemampuan membuat dan menggunakan Wizard.

http://kamii_yogyakarta.tripod.com/Software/MS_Access.htm

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar