Selasa, 09 November 2010

Unix

               Unix adalah nama sebuah system operasi yang asal mulanya dikembangkan pada laboratorium Bell, AT dan T. system operasi adalah perangkat lunak computer yang mengatur dan mengendalikan operasi dasar system computer. Unix terdiri atas sejumlah program ( daftar intruksi untuk memperoleh hasil tertentu ) yang dirancang untuk mengontrol interaksi antara fungsi-fungsi pada mesin yang beraras rendah dengan program aplikasi. Tugas dari system operasi diantaranya :
• Melakukan fungsi manajemen system berkas
• Mengendalikan sebagai sesumber pada system seperti Disk dan Printer
• Membentuk penjadwalan proses-proses di dalam system beberapa sifat dan keistimewaan yang terdapat pada unix ditunjukan pada gbr 1.1
Protabilitas
Jenis system dari notebook microcomputer ( PC ) , hingga main frame. Protabilitas berarti ketidakbergantungan pada suatu perangkat keras. Berarti pemakai tidak perlu terpaku pada satu vendor. Untuk beralih dari suatu unix ke unix lainnya.

Multiuser
Multiuser berarti sejumlah orang dapat menggunakan system secara bersamaan. UNIX mendukung keperluan .
• Keuntungan dangan adanya sifat multiuser :
1. Penghematan perangkat keras sebab perangkat keras ( misalnya : Printer, Disk ) dapat dipakai oleh orang banyak
2. Data dapat diakses oleh orang banyak secara serentak.
Multi tasking
Kemampuan system operasi yang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat bersamaan dinamakan Multi Tasking.
Sistem berkas yang Hierarkis
System berkas yang Hierarkis memungkinkan mengorganisasikan informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk mengaksesnya informasi-informasi yang dapat diatur.

Shell UNIX
Kemampuan shell mencakup dua hal :
1. Modus interaktif dan
2. Modus pemrograman
Pada modus pemrograman dapat menyusun suatu program yang berupa perintah yang biasa disebut skrip shell. Hal ini bermanfaat untuk menangani pekerjaan yang bersifat rutin.
Utilitas
Pada UNIX mempunyai tugas bermacam-macam antara lain:
1. Manajemen berkas
2. Penyunting berkas
3. Perndukung pengembanga perangkat lunak
Masyarakat UNIX
Unix digunakan untuk memecahkan persoalan yang kompleks pada permasalahan statistic dan engineering.
Perkembangan Unix lepas dengan organisasi yang melakukan standarisasi :
• ANSI
ANSI ( American National Standarts Institute )
Mempunyai peranan dalam dunia UNIX Institusi ini menyediakan standar pemrogaman C yang dibentuk melalui komite ANSI XJ311.
• POSI X
POSI X ( Portable operating system standart for computer environments )merupakan suatu komite dari IEEE ( Institute of electrical and electronics engineers ) yang mengeluarkan standar 1003.1 pada tahun 1986. standart ini berperan dalam menentukan standart system operasi yang portabel pada UNIX, terutama mengenal kernel Unix.
• X/Open
X/Open adalah konsorsium. Internasional non-profit dari sejumlah pabrik computer, seperti Bull, ICI, Olivetti, Nixdorf. Philips dan Siemens didirikan pada tahun 1984. perusahaan computer. Pabrik computer Amerika seperti DEC, HP dan UNISYS serta AT dan T menjadi anggotanya. Tujuan dari kelompok yyang sangat berpengaruh di benua Eropa ini adalah mendenifisikan lingkungan untuk mendukung portabilitas perangkat lunak. Spesifikasi system terbuka yang dikeluarkan oleh organisasi ini adalah XPE ( X / Open pertability guide )
• ISO
ISO ( Internasional Standarts Organization ) ikut mengembangkan beberapa standart terutama dalam lingkup komunikasi computer.
• X-Consortium
Konsorsium ini membuat pedoman antar muka yang berdasarkan teknologi X-windows ( Teknologi Windows pada UNIX-semacam Microsoft windows ) di PC. Yang dikembangkan di Massachusetts Institute of Teknology.
• AT Dan T
AT dan T mengeluarkan standart system V yang bisebut _SVID ( Sistem V Interface Definition ). Standart ini menyebutkan fasilitas-fasilitas pada UNIX yang dijamin tidak bakal berubah pada rilis-rilis mendatang.

http://ridwanbagus-arief.blogspot.com/2008/02/pengertian-unix-dan-linux.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar