SCM merupakan sebuah mata
rantai pasokan mulai dari hulu yang merupakan awal dari sebuah aliran sampai ke
hilir yang merupakan tujuan akhir dari sebuah rantai pasokan
dalam kasus pabrik biskuit ini,saya menentukan bahwa
produsen bahan dasar seperti petani & peternak sebagai hulu dari SCM
Biskuit dan konsumen sebagai hilir , berikut ini gambar dari SMC yang saya buat
:
Untuk memperlancar proses produksi sebuah perusahaan biskuit
kaleng PT. Bobob, perusahaan tersebut membutuhkan bahan – bahan baku
yang dihasilkan dari perusahaan penghasil bahan baku
untuk memproduksi biskuit tersebut, Perusahaan juga membutuhkan kemasan siap
pakai dari bahan baku alumunium
yang dipasok dari perusahaan kaleng serta kertas dan plastik yang dipasok oleh
perusahaan pengemasan. Oleh sebab itu perusahaan harus bekerja sama dengan
perusahaan – perusahaan lain untuk memperlancar produksinya.
Kemudian dari distributor – distributor tersebut biskuit kaleng siap untuk didistribusikan ke supermarket – supermarket sehingga pada akhirnya konsumen akhir (goal) dapat membeli biskuit kaleng tersebut.
Kemudian dari distributor – distributor tersebut biskuit kaleng siap untuk didistribusikan ke supermarket – supermarket sehingga pada akhirnya konsumen akhir (goal) dapat membeli biskuit kaleng tersebut.
SEVERAL CRITICAL QUESTIONS
1. Where do you source your materials?
Material di dapatkan dari para
distributor dan pabrik yang memproduksi bahan bahan untuk membuat biscuit
2. Where do you process or convert them?
Material Dikirim ke preusahhaan untuk dilakukan produksi.
3. What channels of distribution do you use? Bahan mentah siap menjadi bahan jadi
kemudian diproses untuk dipasarkan
kepada konsumen.
4. How do you build a strong relationship
with your suppliers and
customers? Menjaga hubungan nya dengan tidak putus berkomunikasi denganpara konsumen serta menyiapkan inovasi bahan yang terbaru.
customers? Menjaga hubungan nya dengan tidak putus berkomunikasi denganpara konsumen serta menyiapkan inovasi bahan yang terbaru.
5.
How do you get direct information from your
end-consumers? Dengan
berkomunikasi langsung antara
konsumen dan customer.
6. What logistics structure should you impose? Jika kebutuhan logistik tidak dapat
terpenuhi, maka perusahaan akan
mencari prosusen bahan baku lain
yang bisa memenuhi kebutuhan bahan baku
biskuit.
7. How do you coordinate your information flows and systems globally?
8. And how do you set up incentive systems for all of your partners in the supply
chain to optimize overall
performance?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar