DEFINISI
Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antar muka
pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui
lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna
berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan
langsung mewakili kualitas sistem tersebut.Nama awal dari TUI adalah Graspable
User Interface (GUI), yang tidak lagi digunakan.
Ide dari TUI adalah untuk memiliki hubungan langsung antara
sistem dan cara anda mengontrol melalui manipulasi fisik dengan memiliki makna
yang mendasar atau hubungan langsung yang menghubungkan manipulasi fisik ke
perilaku yang mereka picu pada sistem.Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah
Hiroshi Ishii , seorang profesor di MIT Media Laboratory yang memimpin Grup
Berwujud Media. Visi tertentu Nya bagi UIS nyata, yang disebut Bits Tangible,
adalah memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit secara
langsung dimanipulasi dan mencolok.
Orang-orang telah mengembangkan keterampilan canggih untuk
merasakan dan memanipulasi lingkungan fisik mereka. Namun, sebagian besar
keterampilan ini tidak digunakan dalam interaksi dengan dunia digital saat ini.
Interaksi dengan informasi digital saat ini sebagian besar terbatas pada
Graphical User Interface (GUI).Dengan keberhasilan komersial Apple Macintosh
dan Microsoft Windows, GUI telah menjadi paradigma standar untuk Human Computer
Interaction (HCI) hari ini. GUI merupakan informasi (bit) dengan piksel pada
layar bit-dipetakan.
Mereka representasi grafis yang dapat dimanipulasi dengan
remote controller generik seperti mouse dan keyboard. Dengan representasi
decoupling (piksel) dari kontrol (perangkat input) dengan cara ini, GUI
memberikan kelenturan untuk meniru berbagai media grafis. Namun, ketika kita
berinteraksi dengan dunia GUI, kita tidak bisa mengambil keuntungan dari
ketangkasan kita atau memanfaatkan keterampilan kita untuk memanipulasi
berbagai benda-benda fisik seperti manipulasi blok bangunan atau kemampuan
untuk membentuk model dari tanah liat.
KARAKTERISTIK
1. Representasi fisik digabungkan untuk mendasari komputasi
informasi digital.
2. Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol
interaktif.
3. Representasi fisik perseptual digabungkan untuk secara
aktif ditengahi representasi digital.
4. Keadaan fisik terlihat “mewujudkan aspek kunci dari
negara digital dari sebuah sistem.
Penerapan Tangible User Interface
1. Mouse
2. Siftables
Merupakan perangkat kecil dari proyek awal di MT Media Lab
yang memiliki bentuk menyerupai batu bata kecil yang mempunyai interface.
Shiftable memiliki jumlah lebih dari satu dan mampu berkomunikasi serta
berinteraksi satu sama lain tergantung pada posisinya. Shiftable yang terpisah
tahu kapan shiftable lain berada di dekat mereka dan bereaksi sesuai dengan
permainan user.
3. Reactable
Reactable adalah alat musik yang dirancang dengan keadaan
teknologi seni untuk memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk bereksperimen
dengan suara dan menciptakan musik yang unik.
Instrumen ini didasarkan pada meja bundar tembus dan
bercahaya di mana satu set pucks dapat ditempatkan. Dengan menempatkan mereka
di permukaan (atau membawa mereka pergi), dengan memutar mereka dan
menghubungkan mereka satu sama lain, pemain dapat menggabungkan unsur-unsur
yang berbeda seperti synthesizer, efek, loop sampel atau elemen kontrol dalam
rangka menciptakan komposisi yang unik dan fleksibel.
Begitu setiap keping ditempatkan di permukaan, keping itu
diterangi dan mulai berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi dan
kedekatannya. Interaksi ini terlihat pada permukaan meja yang bertindak sebagai
layar, memberikan umpan balik instan tentang apa yang sedang terjadi di Reactable,
mengubah musik ke dalam sesuatu yang terlihat dan nyata.
4. Microsoft Surface
Merupakan sebuah teknologi dengan layar multi sentuh yang
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan built in system pada waktu yang
sama. Yang menjadi perhatian adalah hal tersebut bereaksi tidak hanya ketika
disentuh, tetapi teknologi ini juga dapat mengenali objek yang ditempatkan
diatasnya dan dapat mengatur sendiri perilaku yang terkait dengan benda-benda
serta bagaimana kita dapat memanipulasinya.
5. Marble Answering Machine
Contoh lain dari Tangiable User Interface adalah Marble
Answering Machine (Mesin Penjawab Marmer) oleh Durrell Uskup (1992). Marmer
merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer
ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
6. Sistem Topobo
Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil
bersama-sama, tetapi juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor.
Seseorang dapat mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok bisa
menghafal gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali gerakan-gerakan tersebut.
Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk sketsa gambar di atas meja sistem
dengan pena yang nyata nyata. Menggunakan gerakan tangan, pengguna dapat
mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X dan Y hanya sebagai salah satu
program yang akan di cat. Sistem ini akan mengintegrasikan kamera video dengan
sistem pengenalan isyarat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar